Deskripsi Tes TOEP di PLTI

Tentang TOEP

Test of English Proficiency (TOEP) adalah tes kemahiran berbahasa Inggris dalam konteks akademik yang diselenggarakan secara daring menggunakan komputer multimedia. Tes ini mengukur kemahiran bahasa Inggris peserta yang ditunjukkan dengan skor tes mulai dari 310 (tiga ratus sepuluh) yang berarti belum menjadi pengguna bahasa Inggris sampai 642 (enam ratus empat puluh dua) yang berarti pengguna bahasa Inggris yang sangat mahir.

Tes TOEP secara akurat mengukur tingkat kemahiran berbahasa Inggris utamanya keterampilan reseptif, yaitu keterampilan menyimak ujaran-ujaran dalam peristiwa komunikasi lisan dan keterampilan memahami isi bacaan. Untuk keterampilan produktif (berbicara dan menulis), layanan tes diberikan sesuai dengan permintaan.

Tes ini akurat dan prediktif, mampu secara akurat mengukur keterampilan berbahasa Inggris dan memprediksi capaian skor yang akan dicapai dalam tes kemahiran berbahasa Inggris terstandar lainnya, misalnya ITP TOEFL.

Distribusi waktu tes TOEP sebagai berikut:

No Kategori Jumlah Soal Waktu
1 Listening 50 45-50 Menit
2 Reading 50 60 Menit
Total 100 105-110 Menit

  Keterangan : 
  1. Listening : untuk mengukur keterampilan peserta dalam memahami isi berbagai jenis teks lisan berbahasa Inggris dengan berbagai topik dalam kehidupan akademik dan sosial.

  2. Reading : untuk mengukur keterampilan peserta dalam memahami isi berbagai jenis teks tertulis berbahasa Inggris dengan berbagai topik dalam kehidupan akademik dan sosial.


Biaya Tes

Biaya TOEP Rp330.000,00 (tiga ratus tiga puluh ribu rupiah), sudah termasuk PPN 10%.

Hasil tes TOEP

Softcopy sertifikat hasil tes TPDA dapat didownload di menu riwayat tes pada laman https://member.plti.co.id menggunakan akun peserta masing-masing setelah tes berakhir.